BAB 1
Apresiasi dan Ekspresi Karya Seni Rupa Terapan
A.
Apresiasi Keunikan Gagasan dan Teknik dalam
Karya Seni Rupa Terapan
1. Pengertian
Apresiasi
Apresiasi adalah sikap kepekaan dalam mengenal dalam
menghargai, mengagumi, dan
menilai
sebuah karya seni. Apresiasi pasif tumbuh seiring dengan pembiasaan yang
sifatnya pasif sampai pada tahap menilai, mulai dari mengamati gambar atau
reproduksi karya seni rupa di buku hingga menghadiri pameran karya seni rupa.
Apresiasi aktif yaitu apresiasi pasif
yang disertai pembuatan karya.
Ada beberapa hal penting yang
harus diperhatikan dalam mengkaji atau menilai sebuah karya seni, yaitu
berkaitan dengan nilai bentuk dan nilai isi.
a.
Nilai Bentuk
Berkaitan dengan hal yang
sifatnya indrawi atau disebut juga nilai intrinsik. Misalnya, garis, bidang,
bentuk, ruang, tekstur, warna, dan nada gelap terang.
b.
Nilai Isi
Nilai isi disebut pula nilai
ekstrinsik dan sifatnya nonfisik karena berada di balik wujud karya. Seorang
pengamat setelah mengamati nilai-nilai fisik akan menangkap isi atau pesan
perupa yang terdapat pada karya, misalnya komposisi, gagasan, pesan,
perlambangan, tema, gaya, kemampuan teknik, dan bakat perupa dalam mengolah
nilai-nilai bentuk.
2. Apresiasi
Karya Seni Rupa
a.
Pendekatan mimetik
Sebuah karya dinilai kaitannya
dengan kenyataan yang ada di alam.
b.
Pendekatan Ekspresif
Menilai ungkapan atau ekspresi
perupa yang diwujudkan dalam karya.
c.
Pendekatan Struktural
Dilakukan dengan menilai kesatuan
utuh karya dengan strukturnya.
d.
Pendekatan Semiotik
Dilakukan dengan menilai
kandungan berbagai tanda yang ingin disampaikan seorang perupa kepada
penikmatnya.
3. Menilai
Keunikan Karya Seni Rupa Terapan
a.
Pakaian
b.
Perhiasan
c.
Senjata
d.
Topeng dan wayang
e.
Kemasan
f.
Alat transportasi
g.
Bangunan
h.
Peralatan rumah tangga
i.
Benda ritual
j.
Alat musik
B. Sikap
Apresiatif terhadap Keunikan Karya Seni Rupa Terapan
1.
Kritik Seni
Kegiatn kritik merupakan salah
satu aspek dari apresiasi yang berkaitan dengan kegiatan memberi resensi
(ulasan) suatu pameran atau karya seni.
Cara
memberi komentar kritik terhadap karya seni, antara lain:
a.
Pemaparan
b.
Uraian kebetulan (formal)
c.
Penafsiran arti atau makna
d.
Penilaian
Kritik
seni terdiri atas berbagai jenis, yaitu sebagai berikut:
a.
Kritik Jurnalistik
b.
Kritik ilmiah
c.
Kritik Populer
d.
Kritik Pedagogik
C. Merancang
dan Membuat Karya Seni Rupa Terapan
1.
Seni Keramik
Keramik berasal dari kata kramos
bahasa yunani yang berarti “lempung yang dibakar”. Para perupa media keramik
di Indonesia pada umumnya berlatar belakangakademi seni rupa, seperti Hilda
Sumantri, Hendrawan Riyanto, Suyatna, F. Widyanto, Noor Sudiati, dan Asmudjo.
2.
Jenis Keramik
Berdasarkan perbedaan komposisi
bahan dan suhu pembakarannya.
a.
Gerabah lunak atau earthenware
b.
Jenis stoneware
c.
Porselen atau porcelain
3.
Media dan Teknik Seni Keramik
Teknik membuat keramik terdiri
atas:
a.
Dipijit atau pinching
b.
Paduan bilahan/irisan atau slabbing
c.
Dibuat dari paduan bentuk pilin/tali coiling
d.
Dicetak tekan atau molding
e.
Dicor atau casting
D. Menyiapkan
Pameran Karya Seni Rupa
1.
Tujuan dan Fungsi Pameran
a.
Pameran berfungsi sebagai sarana apresiasi
b.
Sebagai sarana edukasi
c.
Sebagai sarana rekreasi
d.
Sebagai sarana prestasi
2.
Waktu Penyelenggaraan pameran
a.
Pameran rutin
b.
Pameran incidental
3.
Tempat Penyelenggaraan Pameran
a.
Pameran di dalam ruangan (indoor exhibition)
b.
Pameran di luar ruangan (outdoor exhibition)
4.
Penyelenggara pameran
a.
Menentukan tema pameran
b.
Menentukan rencana kegiatan
c.
Menyusun program pameran
5.
Lingkup pameran
6.
Jenis pameran
E. Menata
Pameran karya Seni Rupa
1.
Tata letak karya (display)
2.
Tata cahaya (lighting)
3.
Sirkulasi pengunjung
BAB 2
APRESIASI KARYA MUSIK NONTRADISIONAL
A.
Fungsi dan Latar Belakang Musik Nontradisional
dalam Konteks Budaya
1.
Sejarah Perkembangan Musik
Berkembangnya
peradaban, budaya, dan ilmu pengetahuan telah mendorong terciptanya berbagai
jenis alat musik yang ada diseluruh dunia dengan menggunakan berbagai bahan.
Misalnya bahan-bahan yang ada di sekitar, seperti kayu, bambu, rotan,
daun-daunan, sampai bahan olahan manusia, perunggu, metal, besi, dan baja.
Tidak heran jika anda mengenal berbagai jenis alat tiup mancanegara misalnya
flute, clarinet, oboe, englishorn, horn, saxophone, rekorder, dan tuba. Selain
itu, terdapat pula alat music perkusi lainnya seperti piano, marimba, dan
pauken.
Sejalan
dengan penemuan alat-alat tersebut, sekaligus membawa perubahan estetika atau
keindahan bermusik dari masa ke masa, mulai dari jenis music untuk ritual
keagamaan, music istana, music folklore, music sebagai seni otonom, music
hiburan, maupun jenis music yang serius.
1.
Berbagai Jenis Musik Nontradisional
Ada music
elektronis (Stockhausen, varesse, eimert, dan schaeffer), music serialis (luigi
nono, piere Boulez,dan Olivier Messian), music eksperimental ( john Cage, M.
Feldman, dan earle Brown), music minimalis (Philip glass, steve reich, T.
riley, dan La Monte You), world music (Berent, Bubi Chen, kitaro, dan George
Winston), termasukperkembangan music jazz (Duke Ellington, C. parker, Miles
Davis, dan Bill Evans) dan music pop/rock (the Beatles, Jimi Hendrix, Pink Floyd,
dan Queen).
Music adalah bunyi
yang diatur menjadi pola yang dapat menyenangkan telinga atau dapat
mengomunikasikan telinga, perasaan, dan suasana hati.
2.
Fungsi Musik Nontradisional
Fungsi music nontradisional:
a.
Implementasi perkembangan teknologi maupun
budaya
b.
Tindak lanjut dari music yang pernah berkembang
sebelumnya
c.
Suatu fenomena budaya, yang mendapat pengaruh
globalisasi
d.
Hasil akulturasi penciptaan music dan berbagai
hal kemajuan ilmu pengetahuan
Fungsi music
kontenporer
a.
Mengembangkan jenis music baru, baik yang
berakar pada tradisi atau tidak
b.
Akulturasi gaya bermusik para komponen
c.
Wujud ditemukan dan berkembangnya gramatika
music
d.
Suatu fenomena bahwa semua sumber bungi bisa
menjadi music
B.
Mengungkapkan Pengalaman Musikal dari hasil
pengamatan
1.
Observasi pada Pergelaran Musik Nontradisional
Untuk memahami unsure-unsur estetis dan etika music yang
terkandung dalam music nontradisional terdapat beberapa model pembelajaran yang
dapat dikembangkan, yaitu:
a.
Apresiasi
b.
Pengalaman memainkan karya music oleh sendiri
c.
Pengalaman menciptakan music berdasarkan
pengalaman musical.
2.
Mengungkapkan Unsur- Unsur Estetis Karya Musik
Nontradisional
a.
Karakteristik atau keunikan karya music
1)
Ditemukan berbagai teknikn permainan alat yang
mampu menghasilkan bunyi biasa menjadi lebih bagus dan bahkan dapat menemukan
warna-warna suara lain diluar hal yang biasa.
2)
Terciptanya jenis dan karaktristik peralatan
music yang baru.
b.
Susunan nada yang digunakan
Pengembangan gaya-gaya nada pentatonis, diatonic, dan
keunikan cara menggunakan kedua tangga nada tsb.
c.
Menjelaskan Isi Lagu Kedalam Bahasa Indonesia
Tema-tema lagu diantaranya:
1)
Perjuangan
2)
Social
3)
Agama
4)
Pendidikan
5)
Kasih sayang
C.
Apresiasi Karakteristik dan NIlai-Nilai Musik
Nontradisional Secara Luas
1.
Mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung
dalam karya music hasil pengamatan
a.
Nilai ritual
b.
Nilai kekayaan intelektual
c.
Niali ekonomi
d.
Nilai social
e.
Nilai humanistic
Hal yang mewujudkan
kaidah keindahan musical dalam karya music, yaitu:
a.
Pengolahan bunyi dan berbagai parameter dasar
music lainnya
b.
Pengolaan waktu dan diam di dalam music
c.
Aspek harmonisasi
d.
Kedinamisn karya
e.
Aspek instrumentasi dan struktur komposisi
2.
Keunikan Karya Musik Nontradisional Mancaegara
a.
Musik serialis
b.
Musik elektronis
c.
Musik minimalis
d.
Orkes
e.
Musik pop dan
Musik Rock
f.
Music eksperimental
g.
Jazz
Contoh lain:
a.
Music Gregorian
b.
Music Renaissance
c.
Music Barok
d.
Musik klasik
e.
Musik Romantik
f.
Musik Impresionisme
BAB 3
BERKARYA MUSIK NONTRADISIONAL
Intisari
·
Langkah-langkah untuk menciptakan atau membuat
sebuah karya music, yaitu:
a.
Membaca sumber-sumber bunyi
b.
Mengidentifikasi dan mengklasifikasi
sumber-sumber bunyi
c.
Mengeksplorasi sumber-sumber bunyi
d.
Menghubungkan sumber-sumber bunyi
e.
Menentukan peralatan music
f.
Menentukan ide musical
g.
Menggarap id eke bahasa bunyi
h.
Mengombinasikan bahasa bunyi
i.
Mengaplikasikan parameter musical kedalam
komposisi music
j.
Mensimbolisasikan bunyi kedalam tulisan
·
Setiap karya music yang diciptakan harus
memiliki karakteristik da keunikan tersendiri
·
Teknik yang digunakan untuk membuat karya adalah
sebagai berikut:
a.
Argumentasi
b.
Diminuisi
c.
Changing note
d.
Cluster
e.
Fermata
f.
Kanon
g.
Accelerando
h.
Ritardando
·
Terdapat tiga jenis karya yang dapat dibuat
sebagai langkah awal proses pembuatan karya seni, yaitu:
a.
Seni vocal tanpa iringan alat music atau akapela
b.
Instrumentalia permainan yang hanya menggunakan
alat music
c.
Campuran, yaitu karya seni yang berupa lagu dan
diiringi alat music
·
Unsur-unsur music terdiri atas:
a.
Bunyi
b.
Melodi
c.
Harmoni
d.
Notasi music
·
Beberapa hal dalam teknis pergelaran adalah:
a.
Membentuk kepanitiaan pergelaran
b.
Menyusun jadwal urutan pementasan karya
c.
Mempersiapkan hal-hal administrasi pergelaran
d.
Mengidentifikasi kebutuhan dalam pergelaran
e.
Menata ruangan
f.
Penyelenggaraan pergelaran
g.
Evaluasi pergelaran
·
Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mengamati
keunikan sebuah karya seni, yaitu:
a.
Apakah ide karya, asli dari komponis dan belum
pernah ada yang serupa?
b.
Penggunaan alat music memiliki keunikan
tersendiri disbanding dengan kelaziman cara permainan
c.
Apakah ditemukan perkembangan dan perluasan
instrumentasinya?
d.
Apakah karya yang dibuat mampu membuat bahan
apresiasi yang menarik bagi penonton?
·
Notasi music yang bisa digunakan untuk membuat
karya music adalah notasi balok dan notasi tangga nada pentatonic
BAB 4
APRESIASI SENI TARI TRADISI DAN KREASI NUSANTARA
Intisari
·
Keunikan tari daerah dan tari kreasi daerah,
diantaranya dapat diidentifikasi berdasarkan unsure gerak, kostum, dan iringan
music yang digunakan.
·
Cara untuk melukiskan suatu bentuk pertunjukan
tari, diantaranya melalui penjabaran dan pendeskripsian notasi tari
·
Penulisan gerak tari dengan menggunakan notasi
tari, diantaranya dapat dilakukan dengan penulisan notasi laban (labanotation)
dan pendekatan antropologi
·
Data-data yang diperoleh setelah melakukan
pengamatan tari, diantaranya:
a.
Identitas bentuk tari
b.
Latar belakang tari
c.
Latar belakang pelaku atau pendukung tari
d.
Struktur tari dan iringannya
·
Segala sesuatu yang berkaitan dengan pergelaran
tari, yaitu:
a.
Penyusunan proposal
b.
Pemaparan gagasan
c.
Penentuan gerak
d.
Penyusun synopsis
·
Pokok-pokok bahasan yang harus muncul dalam
sebuah proposal meliputi:
a.
Cover
b.
Lembar latar belakang
c.
Tujuan pergelaran tari kreasi
d.
Tema garapan tari kreasi
e.
Susunan kepanitiaan
f.
Jadwal pergelaran
g.
Anggaran biaya yang diperlukan
h.
Uraian bentuk kerjasama dari donator atau
sponsor
·
Untuk menampilkan karya tari, dapat dilakukan
secara:
a.
Individu
b.
Berpasangan
c.
Berkelompok
BAB 5
APRESIASI TEATER NONTRADISIONAL
INTISARI
·
Pertunjukan teater adalah drama yang berupa teks
berisi kata-kata karya seorang pengarang yang diterjemahkan ke dalam bahasa
pentas oleh seniman penggarap
·
Orisinalitas karya adalah keunikan seniman
penggarap yang membedakan dirinya dengan seniman lainnya
·
Teater tradisional berfungsi sebagai sarana
upacara, hiburan, dan presentasi estetis yang berbaur menjadi satu dalam sebuah
struktur sajian
·
Teater modern adalah teater yang sudah dikemas
melalui ilmu drama barat (dramaturgi) khusus untuk kebutuhan hiburan
·
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang
apresiator pertunjukan teater adalah sebagai berikut:
a.
Mengetahui cerita baik tema maupun strukturnya
b.
Mengetahui nilai-nilai moral cerita menurut
versi sastra yang kemudian dibandingkan dengan versi pertunjukannya
c.
Mampu menafsirkan nilai-nilai filosofis karya
pertunjukan
d.
Bisa menyimpulkan pesan-pesan moral dari karya
pertunjukan
e.
Tidak melewatkan peristiwa pertunjukan tanpa
dokumentasi
f.
Benar-benar berniat untuk menonton sehingga
pertunjukan drama merupakan proses belajar yang sangat penting
·
Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menonton
adalah:
a.
Naskah (cerita) yang akan disajikan oleh
kelompok teater
b.
Latar atau setting (tempat dan waktu peristiwa
terjadi dalam cerita)
c.
Tokoh cerita
d.
Alur cerita
e.
Misi atau pesan moral yang ingin disampaikan
oleh pergelaran teater
·
Nilai moral merupakan misi pengarang untuk
dikomunikasikan kepada public
·
Nilai filosofis merupakan visi seorang pengarang
yang ingin dikomunikasikan kepada penonton
·
Kebutuhan yang perlu dipersiapkan untuk
pergelaran teater, diantaranya berkaitan dengan hal-hal berikut:
a.
Naskah atau lakon
b.
Pemain
c.
Sutradara
d.
Pentas
e.
Tata rias
f.
Kostum
g.
Pencahayaan
h.
Tata suara dan ilustrasi
i.
Property
·
Acara pergelaran disusun sesuai dengan tujuan
pergelaran, lakon atau cerita dan penonton
|
skip to main |
skip to sidebar
Materi
Blog Archive
My Blog List
Pengunjung yang ke:
Diberdayakan oleh Blogger.
Mengenai Saya
whatimeizit, sponge?
JAM
47 komentar:
goblog
blog nya rapi..
njir :'v
makasih untuk makalahnya:)
Terimakasih atas Informasinya sangat menarik dan bermanfaat
Obat Tradisional Megakolon
Thank you so much
Obat Tradisional Hipertermia
Assalamualaikum. Terimakasih SGT bermanfaat, mhn ijin km gunakan SBG referensi km mengajar. Wassalamu'alaikum
Halah Syawal Priambodo
Plise lah ya
Devana a.k.a Young lex
Halahhh bodo
Valen ebegers
Mbah palen
Ini 10 fakta tentang Valentino, nomer 11 bikin tercengang
2periode🏆🏆🏆🏆
Matur suwun
y.
Terimakasih infonya
Aswww
Makasih infonya
terimakasih banyak
Trima kasih
makasii
teater adalah jurusan buat anak anak yang berkreasi dan mental nya kuat berani
Anjm
Terima kasih
Makasih informasinya
Makasih informasinya
Bacot
Thank you
Hadir
#indopride 🇮🇩
@aku.pergabutan.mu uda pa
sti folback lah y
Gabut
Hai intan
Hai Nadya
Kamu wibu ya
🗿🤙🏻
Miku, asuna gblk canda wibu
Tq kak
Hai monyet
Awok awok scam
kulum yuk
kontol
muslimin
Posting Komentar